Perdana di Kalimantan, Kompetisi Internasional Ultra Trail Bontang diikuti Pelari Kelas Dunia

KALTIMOKE, BONTANG – Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) akan menggelar Kompetisi Internasional Ultra Trail Bontang (IUTB) Minggu 16/10/2022.

Kepada awak media Ketua Panitia IUTB David mengatakan Event perdana di kalimantan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bontang yang ke 23 dan juga mendukung sektor wisata sesuai dengan program pemerintah sehingga pemkot turut mendukung kegiatan tersebut.

” Dalam kegiatan ini peserta akan melalui beberapa titik wisata alam yang ada di Bontang dan Kutim seperti Goa, Bukit dan Pepohonan ,”ungkapnya pada awak media saat konferensi Pers Sabtu, 15/10/2022 di Hotel Equator Bontang.

Melihat medan yang cukup Extrime kata David panitia juga akan memperhatikan keselamatan dan keamanan peserta.

Dari segi keselamatan panitia telah bekerja sama dengan dua rumah sakit dan satu puskesmas yakni RS PKT, RS Islam Bontang,Serta Puskesmas Bontang Utara .

” Untuk peserta kami juga ikut sertakan dalam asuransi Jasa Raharja ,dan peserta di wajibkan menyertakan surat sehat dari dokter saat mendaftarkan diri, “imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Panitia Lukman mengatakan untuk segi keamanan Polres Kutim menurunkan Lima Belas Personil ditempatkan di area Martadinata, Polres bontang menurunkan Tiga Puluh personil untuk keamanan di titik Start dan Finis,

” Serta Enam Anggota TNI yang akan di tempatkan di goa khusus yang akan dilalui peserta 60K,”timpalnya.

Menurutnya sepanjang sejarah total hadiah event Ultra Trail, Bontang merupakan total hadiah terbesar yang pernah ada dengan total hadiah kurleb 180juta.

” Hadiah ini nantinya akan di berikan kepada 25 Juara yang mencapai titik finis yang terbagi dari tiga kategori berbeda yakni, jarak 12K , 21K dan 60K,”ungkapnya.

Menurutnya perihal tersebut yang menjadi alasan membeludaknya peserta yang ingin unjuk gigi di IUTB ini yang diketahui berjumlah 314 peserta dari daerah Kaltim, Pulau Jawa , Sulawesi

” Bahkan ada tiga peserta yang akan mengikuti IUTB ini merupakan pelari kelas internasional yang berasal dari tiga negara berbeda, Foon Fuu – Amerika Serikat, Mariko Murata – Jepang,dan Thimo Kilberth – Jerman.,”bangganya.

Ketua ALTI Bontang Aipda Ahmad Bajuri menambahkan selain untuk memeriahkan HUT Bontang kompetisi IUTB juga diharapkan dapat menggiatkan olahraga lari

” kami juga ingin mengenalkan sumber daya alam yang ada di Kalimantan Timur khususnya Bontang dan Kutai Timur ,”harapnya.

Terlebih kata dia ada peserta dari tiga negara berbeda itu secara tidak langsung wisata Bontang dan Kutim akan di perkenalkan kepada mereka dalam kegiatan tersebut.

” Terkait izin peserta dari luar negeri kami telah mendapat izin dari mabes polri, kami berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses,”tandasnya