Jaringan Wifi Gratis Lancar Lagi, Diskominfo Minta Warga Aktif Berikan Laporan

pranala.co – Dua fasilitas publik sudah dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi gratis. Sebelumnya, beberapa tempat di Bontang sempat diadukan warga karena fasilitas publik itu sempat lelet bahkan kehilangan jaringan.

Alfiandi, pengunjung Stadion Bessai Berinta (Lang-Lang), mengatakan sejak pagi tadi wifi gratis sudah bisa dinikmati. Tentu membuat pekerjaannya menjadi mudah, karena harus berkomunikasi dengan rekan kerja memakai jaringan internet.

Diketahui, Selasa (1/11/2022) kemarin. Petugas telah melakukan perbaikan. Pihak Icon+ telah memastikan distribusi jaringan dan listrik terpenuhi di dua titik tersebut.

“Kemarin sudah dibaiki saya liat. Bagusnya, hari ini sudah bisa dipakai,” ujar Fian kepada pranala.co, Rabu (2/11/2022).

Demikian pula yang diungkap, Mulyani. Salah satu pedagang di Lang-Lang. Mengungkapkan, dirinya sudah bisa memakai untuk berdagang. Selain untuk jualan, juga bisa dipakai untuk putar musik sebagai sarana hiburan buat pengunjung lapaknya.

Ia berharap, agar pemerintah sigap dalam memberikan respon bila ke depan terjadi kerusakan jaringan. “Bagus respon pemerintah. Semoga ini bisa berjalan terus. Keluhan kami bisa dengan cepat ditangani,” kata Yani.

Sementara itu, pengunjung Taman Adipura Bontang Kuala, Taufiq mengatakan sejak kemarin sore, dirinya sudah bisa menikmati fasilitas tersebut.

Dengan begitu, dia mengacungi jempol atas kinerja pemerintah. Pasalnya, sembari menunggu waktu istirahat kerja dirinya bisa berselancar di sosial media. Demi mendapatkan informasi terkini, baik daerah maupun di nasional.

Meskipun tak jarang, dirinya menggunakan untuk bermain game ringan. Agar bisa menghilangkan rasa bosan. “Jaringannya cukup kencang mas, meskipun kadang lelet juga. Mungkin karena banyak yang pakai,” bilang Taufiq.

Diberitakan sebelumnya, Diskominfo Bontang menghimbau kepada masyarakat Bontang yang sering menggunakan fasilitas wifi gratis, untuk memberikan laporan langsung ke petugas.

Cara itu, dianggap lebih baik ketimbang membiarkan fasilitas pemerintah tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Informasi tersebut disampaikan, Kepala Bidang Penyelenggara E-government Diskominfo Bontang, Taufiqurrahman. Bila hendak melayangkan keluhan, warga dapat menghubungi kontak 0800 183 5566 dan email tenesa@telkom.co.id.

“Segera laporkan bila internet wifi gratis tidak aktif,” ujarnya.

Pemanfaatan layanan tersebut demi menunjang kepuasan masyarakat dalam pelayanan Pemkot Bontang. Sehingga, diminta untuk tidak mengulur waktu. Apalagi, hingga sebulan lamanya.

“Kalau sampai sebulanan matinya, baru lapor. Kan masyarakat juga yang merasakan,” pinta dia.

Sekadar diketahui, saat ini Pemkot Bontang telah memberikan fasilitas wifi gratis di 467 titik. Baik di lingkungan kantor pemerintahan, ruang publik berupa taman, lapangan olahraga dan tempat lainnya. Ditargetkan, hingga 2024 bakal dipasang 600 titik yang terbagi di 15 kelurahan di Bontang. (*)

Editor Suriadi Said