Pemkot Bontang Siapkan Rp 13 Miliar untuk BLT Subsidi BBM

BONTANG Pemerintah Kota Bontang berencana akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM Subsidi. 

Hal itu sesuai dengan arahan Kementerian Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Sekretaris Daerah Kota Bontang mengatakan, akan ada refocusing sebanyak 2 Persen dari APBD Perubahan. 

Anggaran itulah nanti yang digunakan untuk penyaluran BLT. Sebelum itu, terlebih dahulu akan ada inventarisasi program mana saja yang berdampak. 

Beberapa anggaran kegiatan nantinya akan digeser untuk menutupi biaya program bantuan masyarakat.

“Jika belum memenuhi 2 persen dari APBD Perubahan 2022, kemungkinan kekurangan anggaranya bisa diambil dari pos BTT,” kata Aji Erlynawati, Selasa (13/9/2022). 

Dari nilai APBD Perubahan yang diproyeksi mencapai Rp 1,6 Triliun. Setidaknya untuk penyaluran BLT sekitar Rp 13 Miliar. 

Untuk kualifikasi penerima hingga saat ini masih akan dibahas lebih lanjut. Karena, Pemkot Bontang terlebih dahulu melihat kelompok yang paling terdampak, seperti nelayan, dan masyarakat kurang mampu. 

Ihwal pelaksanaan penyaluran juga masih terus dilakukan koordinasi. Diusahakan juga terealisasi pada akhir 2022 ini.  “Nanti kami bahas lebih lanjut. Karena kan tidak mudah pastinya memilih kluster penerimanya. Yang jelas Pemkot akan berikan BLT kepada masyarakat terdampak,” pungkasnya.

Sumber : KLIKKALTIM.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *