Belimbing Juara Kelurahan Sehat Se-Kecamatan Bontang Barat

BONTANG – Kecamatan Bontang Barat mengadakan lomba kelurahan sehat se-Kecamatan Bontang Barat. Kelurahan Belimbing mendapatkan penghargaan juara  yang diumumkan pada Kamis (24/11/22) di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Bontang Barat.

Juara kedua atau runner up diberikan kepada Kelurahan Kanaan. Penilaiannya sudah dilakukan sejak minggu lalu,” jelas Anwar Sadat, Camat Bontang Barat.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kecamatan dan pertama dilaksanakan. Kecamatan juga bekerja sama dengan forum lomba. Terdapat tiga juri yang melakukan penilaian langsung ke kelurahan. Yaitu dari forum komunikasi Kecamatan Bontang Barat, Puskesmas Bontang Barat, dan tokoh masyarakat.

Lomba kelurahan sehat terdiri dari 7 indikator, yaitu kelengkapan data kelembagaan, kelembagaan khusus, kelembagaan dan partisipasi masyarakat, kawasan pemukiman, prasarana umum, kawasan tertib lalu lintas dan transportasi, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan masyarakat sosial yang mandiri.

Lurah Belimbing Dwi Andriyani menyampaikan, Kelurahan Belimbing tahun ini masih mempertahankan juara Kelurahan Sehat di Tingkat Kecamatan Bontang Barat, serta juara anugerah Kelurahan Sehat Tingkat Kota Bontang, yang sebelumnya sudah diberikan pada saat upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional.

“Tentunya pencapaian ini berkat kerja sama yang baik antar seluruh stakeholder dalam Kelurahan Belimbing. Harapannya ke depan Kelurahan Belimbing bisa terus meningkatkan PHBS sebagai budaya masyarakat dan bisa mendukung Kota Bontang di tahun 2023 untuk kembali meraih penghargaan Kota Sehat (swasti saba wistara),” ungkap Dwi. (adv/sya)

Sumber : mediakaltim.com