Previous
Next

BERITA PELAKSANAAN LOMBA MTQ KE XVI KOTA BONTANG TAHUN 2022

Cabang Hadits Dalam MTQ Ke XVI Kota Bontang Butuh Perhatian dan Pembinaan yang Intens

Foto 3 Pelaksanaan Musabaqah Hafalan Hadits dilaksanakan di Ruang Command Center Dinas Kominfo Kota Bontang,

(PPID Utama, Bontang) Cabang Hadits dalam perhelatan MTQ Ke 16 Kota Bontang menjadi Cabang Lomba yang sangat sedikit pesertanya, dari 342 Peserta yang mengikuti Lomba masing-masing Kecamatan Bontang Selatan dengan 118 Peserta, Kecamatan Bontang Utara dengan 115 Peserta dan Kecamatan Bontang Barat dengan 109 Peserta, Cabang ini hanya diikuti oleh 5 Peserta.

Kelima peserta tersebut adalah Muhammad Iqbal Wi’an dan Nadzir Humaidy asal Kafilah dari Kecamatan Bontang Selatan, masing-masing 100 Hadits dengan Sanad dan tiga Kafilah lainnya dari Kecamatan Bontang Utara yaitu Nadya Izzatinnisa, 100 Hadits dengan sanad, Ridlotullah Azhar dan Fairus Nur Salsabilla masing-masing 500 Hadits tanpa sanad, sementara Kecamatan Bontang Barat absen untuk Cabang ini.

Sementara untuk Muhammad Iqbal Wi’an dan Nadzir Humaidy mengikutinya secara online, karena berada di luar Kota Bontang dan sedang menjalani program pertukaran pelajar Indonesia di Malaysia, Musabaqah Hafalan Hadits dilaksanakan di Ruang Command Center Dinas Kominfo Kota Bontang, karena fasilitas sarana dan jaringan SGT menunjang untuk pelaksanaan lomba secara daring / online tersebut, pelaksanaan cabang ini sendiri telah selesai dilombakan pada Jum’at dari Pukul 07.30 sampai dengan 13.30 Wita.

Kurangnya peserta pada Cabang ini bukan karena kurangnya peminat, tapi lebih disebabkan cabang tersebut tergolong baru untuk Lomba MTQ di Wilayah Kalimantan, sebagaimana penjelasan Sekretaris LPTQ Kota Bontang Sultani, “Untuk menghafal sanad, matan, sekaligus perawi Hadits itu bukan hal yang mudah, tentu butuh pembinaan yang intens jika ingin berkiprah di tingkat Propinsi maupun Nasional,” jelasnya.

Untuk diketahui, berbeda dengan cabang lomba lainnya, di cabang ini penentuan/pengambilan      Maqra baik pada babak Penyisihan maupun pada babak final adalah ketika peserta akan naik  mimbar dan untuk  Hafalan 100 hadits dengan sanad diberikan 5 materi pertanyaan sementara yang Hafalan 500 hadits dengan sanad diberikan 10 pertanyaan. (H.Yudhi.P)

Link Banner

Previous
Next

Sekretariat dan Media Center MTQ Ke XVI

Gedung Arena MTQ Stadion Bessai Berinta Jl. AIP II KS Tubun, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Logo MTQ Ke XVI

Dengan Tema " MTQ Hebat Kafilah Beradab "

MTQ KE XVI KOTA BONTANG

Merupakan Sarana Strategis untuk Memperluas Internalisasi Nilai-Nilai Al Qur'an di tengah Kompleksitas Kehidupan Umat Muslim Dewasa ini
Makna Logo