Previous
Next

JADWAL PENYELENGGARAAN MTQ KE XVI KOTA BONTANG

  • 15 November 2022

    VERIFIKASI PESERTA

  • 15 November 2022

    PELANTIKAN DEWAN HAKIM, RAPAT DEWAN HAKIM

  • 16 November 2022

    TECHNICAL MEETING

  • 16 November 2022

    ACARA SEREMONI PEMBUKAAN

  • 17 November 2022

    PELAKSANAAN LOMBA MTQ

  • 18 November 2022

    PELAKSANAAN LOMBA MTQ

  • 19 November 2022

    PELAKSANAAN LOMBA NTQ

  • 20 November 2022

    PELAKSANAAN LOMBA MTQ

  • 21 November 2022

    RAPAT DEWAN HAKIM, ACARA SEREMONI PENUTUPAN

INFORMASI BERITA SEPUTAR MTQ KOTA BONTANG

Pengurus LPTQ Bontang Dikukuhkan, Basri Ingin Fokus Pembinaan Qori dan Qoriah

KLIKKALTIM – Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Periode 2021-2025 dikukuhkan secara resmi, di Pendopo Rumah Jabatan Selasa (30/08/2022) pagi. Wali Kota Bontang Basri Rase kembali didapuk sebagai Ketua. 

Dalam sambutannya, Basri mengatakan tantangan bagi LPTQ semakin berat kedepannya. Salah satunya dalam hal pembinaan dan meningkatkan prestasi di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Semoga bersama-sama kita dapat mengevaluasi hasil-hasil yang telah dicapai untuk menyusun langkah yang lebih baik ke depan,” kata Basri.

Basri juga mengatakan persiapan mengikuti MTQ harus lebih matang. Salah satu caranya dengan persiapan yang lebih awal. 

“Pembinaan bukan hanya tanggung jawab pengurus, merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Basri.

Dalam kepengurusan yang baru, Basri menginginkan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa bisa menerapkan nilai keagaman dengan tartil dan tilawah Alquran. Oleh sebab itu, ia menargetkan Bontang menjadi kota tahfiz quran.

“Sekarang kan di Bontang bahkan di sekitar lingkungan kita sudah banyak TPA, TPQ atau tempat menimba ilmu agama lainnya untuk memudahkan belajar ngaji anak-anak,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, tahun ini ia fokus dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam membina qori dan qoriah.

“Dalam pembahasan rakerda saya ingin ada kegiatan khusus yang membina para qori untuk mengasah kemampuannya,” imbuh Basri.

Selain itu, Basri akan mengumpulkan seluruh pengurus untuk melakukan evaluasi terkait lomba MTQ dan menargetkan Bontang sebagai juara umum dalam lomba MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

“Nanti kami akan merumuskan program-program yang akan membantu mencapai target dengan mengundang akademisi yang mumpuni dibidangnya. Target kami tahun ini sudah terlaksana lah,” sebutnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan LPTQ Provinsi Kaltim Elbadiansyah mengatakan, pelaksanaan pengukuhan pengurus LPTQ di Bontang diharapkan dapat menggerakkan masyarakat mencintai Alquran.

“Kita berharap LPTQ hadir sebagai penggerak masyarakat yang mencintai Alquran dan menghasilkan SDM yang andal dan berprestasi,” katanya.

Dia menekankan, membangun umat yang mencintai Alquran bukan hanya tugas LPTQ, akan tetapi butuh dukungan dari kerjasama dari berbagai unsur dan stakeholder.

“Meminta dukungan suksesnya MTQ ke- 44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Kota Balikpapan 2023,” sebutnya.

Dia juga berharap pengurus baru ini, dapat menjaring peserta yang akan mewakili setiap daerah hingga perwakilan yang dapat mewakili Kaltim di tingkat nasional.

Link Banner

Previous
Next

Sekretariat dan Media Center MTQ Ke XVI

Gedung Arena MTQ Stadion Bessai Berinta Jl. AIP II KS Tubun, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Logo MTQ Ke XVI

Dengan Tema " MTQ Hebat Kafilah Beradab "

MTQ KE XVI KOTA BONTANG

Merupakan Sarana Strategis untuk Memperluas Internalisasi Nilai-Nilai Al Qur'an di tengah Kompleksitas Kehidupan Umat Muslim Dewasa ini
Makna Logo