Previous
Next

BERITA PELAKSANAAN LOMBA MTQ KE XVI KOTA BONTANG TAHUN 2022

Panpel Tuntaskan 10 Cabang Lomba Dalam Perhelatan MTQ Ke 16 Kota Bontang

Panpel Tuntaskan 10 Cabang Lomba Dalam Perhelatan MTQ Ke 16 Kota Bontang

(PPID Utama, Bontang) Di hari ke empat pelaksanaan Lomba MTQ ke 16,  Panpel telah mempertandingkan dan menyelesaikan 18 golongan dari 7 Cabang Lomba plus Lomba Qhasidah Rebana, hari minggu kemaren tersisa 5 golongan dari 4 Cabang Lomba yang juga sudah selesai dipertandingkan.

Dari 5 Cabang tersebut, diantaranya Cabang Tilawah Golongan Dewasa sebanyak 6 Peserta bertempat di Arena Utama, Cabang Tahfidz Golongan 20 Juz 8 Peserta dan Golongan 30 Juz 5 Peserta, Cabang Tafsir Bahasa Arab 1 peserta, Bahasa Inggris 2 Peserta dan Bahasa Indonesia 6 peserta yang semuanya dilaksanakan di Arena 3 Aula Gedung Dispopar Kota Bontang, serta dari Cabang Khot Golongan Kontemporer sebanyak 18 peserta yang bertempat di Arena 5 Gedung Baitul Qur’an Terakhir Cabang Musabaqah Syahril Qur’an yang telah masuk tahap Final.

Ket : Klik Foto untuk Zoom dan informasi Foto

Beberapa informasi terkait ketentuan dari 4 Cabang tersebut tidak termasuk Cabang Khot Kontemporer yaitu : Untuk Cabang Tilawah materi bacaan dari Juz 1 sampai 30 Juz dengan durasi untuk babak penyisihannya 9 -10 menit dan dibabak Final 10 – 12 menit untuk penentuan maqra nya dibabak penyisihan saat peserta akan naik mimbar, dan babak final, penentuan maqra dan komposisi lagunya ditentukan 4 jam sebelum peserta naik mimbar, Untuk Cabang Tahfidz 20 dan 30 Juz terkait hafalan peserta dari Juz 1 sampai dengan Juz 20 dan Juz 30, setiap golongan nya akan diberikan 4 pertanyaan dan setiap jawabannya  antara  15 hingga  20 baris AI-Qur’an Bahriyyah,  untuk yang 20 juz Qira’at yang digunakan adalah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh menurut Thariq Asy-Syatibiyah, sedangkan untuk golongan 30 juz diperbolehkan   memilih   Thariq  Asy-Syathibiyyah atau Thoyyibatun Nasyr.

Untuk Cabang Tafsir Golongan Bahasa Arab, pada materi hafalan 30 Juz dan materi Tafsir Juz XII, Bahasa Indonesia pada materi hafalan 30 Juz dan materi Tafsir Juz XIII dan Golongan Bahasa Inggris pada materi hafalan Juz 1 sampai dengan Juz 15 dan materi Tafsir Juz XI, untuk jumlah pertanyaan     hafalan dan jawaban peserta berlaku sama yaitu sebanyak 4 pertanyaan dan setiap jawaban antara 15 – 20 baris AI-Qur’an  Bahriyyah, dengan pertanyaan Tafsir maksimal  15 menit.  

Pada Cabang MSyQ atau Musabaqah Syahril Qur’an, ada 3 unsur dalam penampilan peserta, yaitu 1).  Tilawah AI-Qur’an, pembacaan ayat-ayat sesuai dengan  materi yang disampaikan, 2) Terjemahan  ayat secara puitis tanpa teks. 3)  Penyampaian  materi ayat secara bebas dan tanpa teks. Untuk durasi penampilan setiap peserta 15 –  20 menit, dan Tema atau Judul :  Peserta memilih   4   dari   9  tema   yang ditentukan LPTQ dan melaporkan 4 judul yang dipilih tersebut pada saat pendaftaran  ulang. (H.Yudhi)

Link Banner

Previous
Next

Sekretariat dan Media Center MTQ Ke XVI

Gedung Arena MTQ Stadion Bessai Berinta Jl. AIP II KS Tubun, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Logo MTQ Ke XVI

Dengan Tema " MTQ Hebat Kafilah Beradab "

MTQ KE XVI KOTA BONTANG

Merupakan Sarana Strategis untuk Memperluas Internalisasi Nilai-Nilai Al Qur'an di tengah Kompleksitas Kehidupan Umat Muslim Dewasa ini
Makna Logo