Previous
Next

BERITA PELAKSANAAN LOMBA MTQ KE XVI KOTA BONTANG TAHUN 2022

Laksana Kuas Yang Meliuk-Liuk Diatas Kanvas Perlahan Membentuk Huruf Hijaiyah, Inilah Seni Kaligrafi Arab Kontemporer Karya Anak Bontang Yang Membanggakan

Laksana Kuas Yang Meliuk-Liuk Diatas Kanvas Perlahan Membentuk Huruf Hijaiyah, Inilah Seni Kaligrafi Arab Kontemporer Karya Anak Bontang Yang Membanggakan

(PPID Utama, Bontang) Disetiap perhelatannya Cabang Khat Kontemporer dalam MTQ, slalu memberikan daya tarik dan nuansa seni Islam tersendiri, hal tersebut tak terlepas dari sejarah panjang perjuangan para Khat terdahulu selama 20 tahun, untuk memasukkannya kedalam salah satu Cabang yang diperlombakan dalam MTQ, hingga pada Tahun 2014  dan masih dinilai ”Balita” yaitu berusia 6 Tahun pada saat ini, Cabang tersebut telah resmi diperlombakan dalam setiap MTQ.

Alotnya perdebatan tersebut disebabkan banyaknya Seniman Kaligrafi kala itu yang suka bereksplorasi atau berimajinasi lebih luas dan lebih bebas dalam menuangkan ekspresi, dengan masuknya Cabang tersebut, menjadikan ketentuan penulisannya telah sesuai dengan kaidah penulisan Kaligrafi Arab Internasional, dalam arti meski bebas dalam menuangkan Ekspresi namun penulisan Khatnya harus tetap terjaga dengan baik.

Pada MTQ Ke 16 Kota Bontang ini, untuk Cabang Khot Golongan Kontemporer, Kafilah dari Kecamatan Bontang Utara menurunkan 4 Khoth (Kaligrafer Pria) dan 4 Khothoth (Kaligrafer Wanita), Kecamatan Bontang Selatan, 3 Khoth dan 2 Khothoth, dan Kecamatan Bontang Barat, 3 Khoth dan 3 Khothoth.

Di Cabang Khot Golongan Kaligrafi Kontemporer, LPTQ Kota Bontang menetapkan ada 4 gaya Khat kontemporer yang dimusabaqahkan, yaitu: Kontemporer Tradisional, Figural, Simbolik dan Ekspresionis, penentuan jenis kaligrafi yang digunakan dilakukan dengan cara diundi pada saat musabaqah, Teks ayat  untuk  babak  penyisihan maupun babak final antara 0,5 – 2 baris  ukuran  mushaf, Karya dibuat  di atas kain kanvas berspanram ukuran  60 x 80 cm, dan dikerjakan selama  480 menit (8 jam)  termasuk istirahat.

Ket : Klik Foto untuk Zoom dan informasi Foto

Ada 3 kriteria yang mendasari dalam penilaian Kaligrafi Kontemporer untuk Lomba MTQ ini, yaitu pertama pada Unsur kaligrafi  anatomi hurufnya, mencakup : tingkat keterbacaan dan kesahihan khat kontemporernya, dengan nilai maksimal 30, kedua pada Unsur seni rupa berupa kreativitas dan kekayaan imajinasi peserta, yang mencakup : orisinalitas, inovasi, kekayaan desain dan tatawarna (unity, balance, harmony), dan kesesuaian tema gambar dengan konteks ayat (dengan nilai max. 50), dan ketiga pada Sentuhan akhir atau kesan keseluruhan yang mencakup : tingkat kerapian dan tingkat ketuntasan karya (dengan nilai max. 20).

Melihat Para Kaligrafer beraksi Laksana Kuas yang meliuk-liuk di atas kanvas, perlahan hanya membentuk satu huruf hijaiyah, selanjutnya membentuk sebuah kalimat, hasil akhirnya sebuah pemandangan, pemandangan yang dibentuk dari kalimat berbahasa Arab, Inilah sebuah Karya Seni Kaligrafi Arab Kontemporer Karya Anak Bontang yang membanggakan. (H.Yudhi)

Link Banner

Previous
Next

Sekretariat dan Media Center MTQ Ke XVI

Gedung Arena MTQ Stadion Bessai Berinta Jl. AIP II KS Tubun, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Logo MTQ Ke XVI

Dengan Tema " MTQ Hebat Kafilah Beradab "

MTQ KE XVI KOTA BONTANG

Merupakan Sarana Strategis untuk Memperluas Internalisasi Nilai-Nilai Al Qur'an di tengah Kompleksitas Kehidupan Umat Muslim Dewasa ini
Makna Logo