Kelola Potensi Lahan, Pemkot Bontang Resmikan Gerakan Budaya Jagung

(PPID Utama, Kota Bontang) Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kota Bontang, Pemerintah Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP3), Perikanan dan Pertanian menggelar Gerakan Budidaya Jagung (Gerdagung) yang resmi diluncurkan oleh Wali Kota Bontang Basri Rase pada Senin (14/11/2022) pagi.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Terbuka Hijau Bontang Lestari ini, turut dihadiri oleh Wakil Walikota Bontang, Kepala Dinas DKP3 Edy Forestwanto, Asisten 3 Syarifah Nurul Hidayati serta jajaran unsur Forkopimda Bontang.

Previous
Next

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan rasa syukur atas terkelolanya lahan di Kota Bontang sebagai kawasan budidaya jagung.

“Alhamdulillah, upaya kita membuahkan hasil. pemerintah pusat melalui kementerian pertanian republik indonesia mendorong daerah untuk berinovasi dalam menjaga ketahanan daerah hingga nasional. Kota Bontang berpotensi untuk pengembangan budidaya jagung dengan didukung lahan masyarakat dan pemerintah yang selama ini masih belum tergarap,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan perhitungan potensi yang nantinya dapat diperoleh oleh masyarakat dari pengelolaan Gerdagung ini.

“Target pengembangan seluas 120 hektar, baik di lahan masyarakat maupun pemerintah dengan ketentuan benih/bibit, pestisida dan pupuk dengan jumlah anggaran sebesar 10 juta akan dibantu dengan ketentuan dipotong sesudah panen. apabila panen 6 ton saja dikalikan 4000 hasil 24 juta dipotong 10 juta modal, maka petani akan mendapatkan 14 juta bersih,” Jelas Basri.

Terakhir, Basri mengapresiasi atas pencapaian kegiatan yang terselenggara dari buah pikir berbagai elemen masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat atas ide, saran dan pemikirannya yang cemerlang yang tertuang dalam kegiatan Gerdagung ini. Buah pikiran anda semua mampu memberikan panduan untuk memanfaatkan teknologi inovasi tentang Gerdagung dalam menyiasati dinamika perubahan iklim di masa yang akan datang.”