Naikkan Perekonomian Masyarakat Melalui Urban Farming, Pemkot Gelar Penyuluhan

(PPID Utama, 8 November 2022). Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian menggelar penyuluhan pengendalian Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT) pada kegiatan urban farming Kecamatan Bontang Utara.

Kadis Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Eddy Forestwanto dalam laporannya membeberkan bahwa kegiatan tersebut bagian dari stimulan RT yang akan dilaksanakan di seluruh kecamatan Kota Bontang dengan target 300 orang peserta.

Naikkan Perekonomian Masyarakat Melalui Urban Farming, Pemkot Gelar Penyuluhan-2

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari petugas dan masyarakat yang mengikuti kegiatan urban farming di RT ,” ujar Eddy.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa peserta akan diajarkan bagaimana cara mengatasi hama terpadu, pengedalian OPT, dan cara budidaya tanaman pada urban farming. Berlangsung selama 4 hari, Eddy berharap petugas dan masyarakat dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat di dalam lingkungan RT dan sehari-hari.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Basri Rase menyampaikan bahwa urban farming merupakan kegiatan yang selaras dengan visi misi yang dicanangkan. Urban farming sendiri merupakan usaha pertanian di perkotaan dengan memanfaatkan lahan-lahan terbuka yang ada di sekitar masyarakat.

Urban farming tentu dapat dimanfaatkan menjadi kegiatan produktif yang bisa diikuti oleh masyarakat banyak. Tidak hanya sekedar kegiatan pemberdayaan komunitas, urban farming juga dapat menunjang kondisi ekonomi masyarakat itu sendiri melalui pemasaran hasil panen urban farming.

“Saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi sumber pendapatan baru dan perekonomian masyarakat semakin meningkat,” pungkas Basri.

(kmf-lusy)