Ini Sejumlah Layanan Diskop-UKMP di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bontang

BONTANG – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuka pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) di lantai empat Pasar Taman Rawa Indah Bontang.

Kepala Diskop-UKMP, Kamilan menjelaskan, ada tiga jenis layanan yang disiapkan di MPP. Meliputi bidang koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), bidang perdagangan, dan bidang perindustrian.

Pelayanan bidang koperasi dan UMKM terdiri dari dana bergulir, pendataan Sistem Data Informasi Terpadu (SDIT), konsultasi pendirian koperasi, serta fasilitasi sertifikasi halal. Sedangkan untuk bidang perdagangan, meliputi pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) serta tera dan tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP). Terakhir di bidang perindustrian meliputi perizinan Sistem Informasi Perizinan Nasional (SIINAS) serta konsultasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan desain kemasan.

“Semoga layanan ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan ataupun berkonsultasi terkait program yang dimiliki OPD kami,” harap Kamilan, (11/12/2022).

Dari pantauan media ini, gerai milik Diskop-UKMP cukup banyak dikunjungi masyarakat sejak awal diluncurkan. Di gerai Diskop-UKMP juga dilengkapi dengan sejumlah dokumentasi kegiatan mereka. Termasuk berbagai informasi mengenai persyaratan perizinan. Setiap harinya, selalu ada petugas piket yang bergantian berjaga untuk melayani masyarakat yang berkunjung. (adv)

Sumber : Media Kaltim.com